Bagian-Bagian Otak dan Fungsinya Sebagai Sistem Saraf Pusat - Materi Lengkap

Sistem saraf pusat manusia itu terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sistem saraf pusat ini berfungsi sebagai pusat pengaturan. Di sini kita akan khususkan membahas mengenai bagian-bagian otak dan fungsinya sebagai sistem saraf pusat manusia. Kita ketahui bahwa otak manusia terletak di dalam tulang tengkorak. Sebagai sistem saraf pusat, pertumbuhan otak manusia lebih baik daripada pertumbuhan sumsum tulang belakang. Sebagai sistem saraf pusat, otak terdiri atas beberapa bagian, antara lain otak besar (cerebrum), otak tengah, otak depan (diensefalon) dan otak kecil (cerebellum).

Bagian-bagian otak dan fungsinya sebagai sistem saraf pusat terlengkap


1.  Otak besar atau cerebrum

Otak besar merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Otak besar dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu bagian depan (lobus frontalis) dan bagian belakang (lobus pasietalis). Lobus frontalis memiliki peran yang berkaitan dengan gerak otot manusia, sedangkan bagian belakang (lobus pasietalis) memiliki peran yang berkaitan dengan perubahan panas, dingin, maupun sentuhan pada kulit dan bersifat sensorik.

Otak besar (cerebrum) ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu bagian belakang (lobus oksipitalis), bagian samping (lobus temporalis), bagian tengah  dan bagian yang merupakan antara dari bagian tengah dan bagian belakang otak besar. Bagian belakang atau yang biasa disebut lobus oksipitalis ini merupakan pusat dari penglihatan manusia. Jika lobus oksipitalis ini mengalami kerusakan maka kemungkinan penderita akan mengalami kebutaan. Ada pun untuk bagian samping (lobus temporalis) ini merupakan pusat dari pendengaran manusia. Tentu bagian ini sangat berperan penting dalam hal pendengaran. Jika salah satunya kiri ataupun kanan mengalami kerusakan maka kemungkinan menyebabkan kurangnya pendengaran pada penderitanya. Namun jika kedua sisi mengalami kerusakan maka akibatnya adalah penderita menderita ketulian. Berbeda dengan yang lainnya, bagian tengah dari otak besar berfungsi sebagai pusat pengatur kerja kulit dan otot terhadap pengaruh panas, dingin, tekanan maupun sentuhan. Jika bagian ini mengalami kerusakan, maka kemungkinan penderita akan mengalami mati rasa, atau tidak mampu merasakan dengan baik pada kulitnya. Untuk bagian terakhir dari otak besar yaitu bagian yang merupakan bagian yang berada di antara bagian tengah otak besar dan bagian belakang. Bagian ini berfungsi sebagai pusat perkembangan kecerdasan, ingatan, kemauan dan sikap. Jika bagian ini rusak maka kemungkinan penderita mengalami mengurangnya daya ingat bahkan dapat mengakibatkan hilangnya daya ingat.

Otak besar sebagai penerima sensasi penginderaan ini bersifat motorik. Berdasarkan sifatnya otak besar ini dibagi lagi menjadi 3 area yaitu area sensorik, area motorik dan area asosiasi. Area sensorik merupakan area yang berfungsi sebagai penerima rangsang dari organ penerima (reseptor) yang terdapat pada indera manusia. Adapun area motorik ini berfungsi untuk merespon rangsangan yang sampai ke otak melalui perintah yang dikirim ke organ pelaksana (efektor). Yang terakhir adalah area asosiasi, area ini sebagai bagian yang menghubungkan antara area sensorik dan area motorik.

2. Otak Tengah

Otak tengah manusia terletak di bagian depan jembatan varol. Otak tengah ini merupakan lobus optic yang merupakan pusat dari reflex mata dan pendengaran. Contohnya reflex yang terjadi pada saat penyempitan pupil mata manusia.

3. Otak Depan (Diensefalon)

Otak depan ini terletak di depan otak tengah. Otak depan ini terdiri atas hipotalamus dan talamus. Hipotalamus merupakan bagian otak depan yang berperan sebagai pusat pengatur suhu, selera makan, keseimbangan cairan tubuh, penjagaan agar tetap bangun dan menumbuhkan sikap agresif. Sedangkan talamus berperan sebagai pusat pengatur sensoris yaitu bertugas menerima rangsangan yang berasal dari sensorik cerebrum.

4. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil terletak di sebelah bawah belakang otak besar. Otak kecil berfungsi sebagai pusat keseimbangan otot dan koordinasi otot. Jika terjadi gangguan pada otak kecil maka gerak otot tidak dapat dikoordinasi lagi.

Bisa dikatakan bahwa otak manusia adalah bagian terpenting dalam sistem koordinasi pada tubuh manusia, sehingga kita perlu tahu tentang bagian-bagian otak dan fungsinya sebagai sistem saraf pusat. Jika terjadi kerusakan pada bagian otak maka akan terjadi pula kerusakan pada bagian tubuh yang lain.


Itulah yang dapat saya tuliskan pada kesempatan kali ini, moga postingan mengenai “bagian-bagian otak dan fungsinya sebagai saraf pusat” ini bisa bermanfaat. Jika ada masukan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. J Semangat belajarnya ya J

No comments:

Post a Comment