INSTRUMEN NON TES Skala likert tentang penilaian diri dan kemampuan sosial

Hmm sobat2, kali ini saya mau ngupload lagi sesuatu yang beraroma non tes. Yang semacam angket itu tu.. hehe Angket yang kali ini khusus untuk skala LIKERT. Skala likert yang menyangkut tentang penilaian diri dan kemampuan sosial. Ini dulu jadi tugas ku waktu program mata kuliah instrumen,, tugas dari pak Prof. Ni tugas terbilang membuat otak dkit terkuras sih, masalahnya nyari kata2 yang tepatnya tu lho yang sulit. :D Tapi buat adik2ku gag perlu pyuyeng2 lagi,, ni dah saya upload kan tuk kalian2 filenya, yaaa mana tau bisa jadi bahan sebagai sumber inspirasi dalam menyusun angket tentang penilaian diri dan kemampuan sosial.. Ni saya kasi gambaran dikit tentang isi filenya.

SILAHKAN DI SIMAK DI BAWAH NI


PENYUSUNAN INSTRUMEN NON TES
Konsep Instrumen Pendidikan Berkarakter Menggunakan Skala Likert

VARIABEL PENILAIAN DIRI & KETERAMPILAN SOSIAL
Skor
5
4
3
2
1
Positif
SS
S
R
TS
STS
Skor
1
2
3
4
5
Negatif
SS
S
R
TS
STS


PENILAIAN DIRI

A. DEFINISI KONSEPTUAL
Penilaian diri merupakan potret diri atau evaluasi diri atas perilaku individu yang secara sadar mengevaluasi diri atas perilaku yang menunjang pembelajaran dalam upaya melaksanakan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

B. DEFINISI OPERASIONAL
Penilaian diri merupakan potret diri atau evaluasi diri atas perilaku individu yang secara sadar mengevaluasi diri atas perilaku yang menunjang pembelajaran dalam upaya melaksanakan pendidikan budaya dan karakter bangsa, yang diukur melalui : (i) dapat dipercaya, (ii) menghargai, (iii) tanggung jawab individu, (iv) tanggung jawab sosial, (v) adil, dan (vi) peduli.

Tabel 1. tabel indikator penilaian diri.
Var
Indikator
Kode
Pernyataan
Jumlah
( + )
( - )
( + )
( - )

Dapat dipercaya
A
1, 3, 5, 7, 9
2, 4, 6, 8, 10
5
5
10

Menghargai
B
11, 13, 15, 17, 19
12, 14, 16, 18, 20
5
5
10

Tanggung jawab Individu
C
21, 23, 25, 27, 29
22, 24, 26, 28, 30
5
5
10

Tanggung jawab sosial
D
31, 33, 35, 37, 39
32, 34, 36, 38, 40
5
5
10

Adil
E
41, 43, 45, 47, 49
42, 44, 46, 48, 50
5
5
10

Peduli
F
51, 53, 55, 57, 59
52, 54, 56, 58, 60
5
5
10

JUMLAH :



30
30
60

PERNYATAAN PENILAIAN DIRI
INDIKATOR : Karakter dapat dipercaya nomor 1 s/d 10
1. Kejujuran merupakan modal utama saya dalam belajar keras untuk mencapai cita-cita.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
(e) Sangat Tidak Setuju

2. Kejujuran merupakan bawaan sejak lahir, sehingga tidak perlu dibuat-buat.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
(e) Sangat Tidak Setuju

3. Kejujuran sangat penting untuk mencapai kesempurnaan dalam pembelajaran.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
(e) Sangat Tidak Setuju

4. Kejujuran akan menghambat saya dalam belajar, karena hal itu akan membuat saya malu.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
(e) Sangat Tidak Setuju

5. Kejujuran sangat perlu dalam pergaulan antar teman di lingkungan sekolah saya.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
(e) Sangat Tidak Setuju

KETERAMPILAN SOSIAL

A. DEFINISI KONSEPTUAL
Keterampilan sosial merupakan suatu sifat yang dapat tumbuh dan berkembang dalam diri siswa sesuai dengan kondisi, keadaan, situasi, lingkungan tertentu yang dihadapi oleh siswa tersebut dimana pun ia berada.

B. DEFINISI OPERASIONAL
Keterampilan sosial merupakan suatu sifat yang dapat tumbuh dan berkembang dalam diri siswa sesuai dengan kondisi, keadaan, situasi, lingkungan tertentu yang dihadapi oleh siswa tersebut dimana pun ia berada yang diukur melalui : (i) mengajukan pertanyaan, (ii) memberikan ide/pendapat, (iii) menjadi pendengar yang baik, dan (iv) dapat bekerja sama.

Tabel 2. tabel indikator keterampilan sosial
Var
Indikator
Kode
Pernyataan
Jumlah
( + )
( - )
( + )
( - )

Mengajukan pertanyaan
A
1, 3, 5, 7, 9, 11, 13
2, 4, 6, 8, 10, 12, 14
7
7
14

Memberikan ide/pendapat
B
15, 17, 19, 21, 23, 25, 27
16, 18, 20, 22, 24, 26, 28
7
7
14

Menjadi pendengar yang baik
C
29, 31, 33, 35, 37, 39, 41
30, 32, 34, 36, 38, 40, 42
7
7
14

Dapat bekerja sama
D
43, 45, 47, 49, 51, 53, 55
44, 46, 48, 50, 52, 54, 56
7
7
14

JUMLAH :



28
28
56



PERNYATAAN KETERAMPILAN SOSIAL
INDIKATOR : Mengajukan pertanyaan nomor 1 s/d 14
1. Materi pelajaran yang tidak jelas saya langsung tanyakan pada guru.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
       (e) Sangat Tidak Setuju

2. Materi pelajaran yang sudah rinci dan jelas saya masih juga pertanyakan.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
       (e) Sangat Tidak Setuju

3. Guru mengatakan bahwa pertanyaan saya baik sekali.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju,  
       (e) Sangat Tidak Setuju

4. Pertanyaan yang saya ajukan ternyata sudah ditanyakan oleh teman saya.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
       (e) Sangat Tidak Setuju

5. Saya mengajukan pertanyaan dengan bahasa dan kata-kata yang jelas sehingga pertanyaan saya dapat dipahami oleh guru/teman.
Jawab :
(a) Sangat Setuju,  (b) Setuju,  (c) Ragu-ragu,  (d) Tidak Setuju, 
       (e) Sangat Tidak Setuju

KALAU UDAH PAS, KAMU TINGGAL DOWNLOAD JA FILENYA DISINI

gOOd LuCk MaHaSiSwA  ^_^



No comments:

Post a Comment