Hmm sobat2, kali ini saya mau ngupload lagi sesuatu yang beraroma non tes. Yang semacam angket itu tu.. hehe Angket yang kali ini khusus untuk skala LIKERT. Skala likert yang menyangkut tentang penilaian diri dan kemampuan sosial. Ini dulu jadi tugas ku waktu program mata kuliah instrumen,, tugas dari pak Prof. Ni tugas terbilang membuat otak dkit terkuras sih, masalahnya nyari kata2 yang tepatnya tu lho yang sulit. :D Tapi buat adik2ku gag perlu pyuyeng2 lagi,, ni dah saya upload kan tuk kalian2 filenya, yaaa mana tau bisa jadi bahan sebagai sumber inspirasi dalam menyusun angket tentang penilaian diri dan kemampuan sosial.. Ni saya kasi gambaran dikit tentang isi filenya.
SILAHKAN DI SIMAK DI BAWAH NI
PENYUSUNAN INSTRUMEN NON TES
Konsep Instrumen Pendidikan Berkarakter Menggunakan Skala
Likert
VARIABEL
PENILAIAN DIRI & KETERAMPILAN SOSIAL
Skor
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Positif
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Negatif
|
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
PENILAIAN DIRI
A. DEFINISI
KONSEPTUAL
Penilaian
diri merupakan potret diri atau evaluasi diri atas perilaku individu yang
secara sadar mengevaluasi diri atas perilaku yang menunjang pembelajaran dalam
upaya melaksanakan pendidikan budaya dan karakter bangsa.
B. DEFINISI OPERASIONAL
Penilaian
diri merupakan potret diri atau evaluasi diri atas perilaku individu yang
secara sadar mengevaluasi diri atas perilaku yang menunjang pembelajaran dalam
upaya melaksanakan pendidikan budaya dan karakter bangsa, yang diukur melalui :
(i) dapat dipercaya, (ii) menghargai, (iii) tanggung jawab individu, (iv)
tanggung jawab sosial, (v) adil, dan (vi) peduli.
Tabel 1. tabel indikator penilaian diri.
Var
|
Indikator
|
Kode
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
∑
|
||
( + )
|
( - )
|
( + )
|
( - )
|
||||
Dapat dipercaya
|
A
|
1, 3, 5, 7, 9
|
2, 4, 6, 8, 10
|
5
|
5
|
10
|
|
Menghargai
|
B
|
11, 13, 15, 17, 19
|
12, 14, 16, 18, 20
|
5
|
5
|
10
|
|
Tanggung jawab Individu
|
C
|
21, 23, 25, 27, 29
|
22, 24, 26, 28, 30
|
5
|
5
|
10
|
|
Tanggung jawab sosial
|
D
|
31, 33, 35, 37, 39
|
32, 34, 36, 38, 40
|
5
|
5
|
10
|
|
Adil
|
E
|
41, 43, 45, 47, 49
|
42, 44, 46, 48, 50
|
5
|
5
|
10
|
|
Peduli
|
F
|
51, 53, 55, 57, 59
|
52, 54, 56, 58, 60
|
5
|
5
|
10
|
|
JUMLAH :
|
30
|
30
|
60
|
PERNYATAAN PENILAIAN DIRI
INDIKATOR : Karakter dapat dipercaya nomor 1 s/d 10
1.
Kejujuran merupakan modal utama saya dalam belajar keras untuk mencapai
cita-cita.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e)
Sangat Tidak Setuju
2.
Kejujuran merupakan bawaan sejak lahir, sehingga tidak perlu dibuat-buat.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e)
Sangat Tidak Setuju
3. Kejujuran sangat penting untuk mencapai kesempurnaan
dalam pembelajaran.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e)
Sangat Tidak Setuju
4. Kejujuran
akan menghambat saya dalam belajar, karena hal itu akan membuat saya malu.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e)
Sangat Tidak Setuju
5. Kejujuran
sangat perlu dalam pergaulan antar teman di lingkungan sekolah saya.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e)
Sangat Tidak Setuju
KETERAMPILAN SOSIAL
A.
DEFINISI KONSEPTUAL
Keterampilan sosial merupakan suatu sifat yang dapat tumbuh
dan berkembang dalam diri siswa sesuai dengan kondisi, keadaan, situasi,
lingkungan tertentu yang dihadapi oleh siswa tersebut dimana pun ia berada.
B. DEFINISI OPERASIONAL
Keterampilan sosial merupakan suatu sifat yang dapat tumbuh
dan berkembang dalam diri siswa sesuai dengan kondisi, keadaan, situasi, lingkungan
tertentu yang dihadapi oleh siswa tersebut dimana pun ia berada yang diukur
melalui : (i) mengajukan pertanyaan, (ii) memberikan ide/pendapat, (iii)
menjadi pendengar yang baik, dan (iv) dapat bekerja sama.
Tabel 2. tabel indikator keterampilan sosial
Var
|
Indikator
|
Kode
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
∑
|
||
( + )
|
( - )
|
( + )
|
( - )
|
||||
Mengajukan pertanyaan
|
A
|
1, 3, 5, 7, 9, 11, 13
|
2, 4, 6, 8, 10, 12, 14
|
7
|
7
|
14
|
|
Memberikan ide/pendapat
|
B
|
15, 17, 19, 21, 23, 25, 27
|
16, 18, 20, 22, 24, 26, 28
|
7
|
7
|
14
|
|
Menjadi pendengar yang baik
|
C
|
29, 31, 33, 35, 37, 39, 41
|
30, 32, 34, 36, 38, 40, 42
|
7
|
7
|
14
|
|
Dapat bekerja sama
|
D
|
43, 45, 47, 49, 51, 53, 55
|
44, 46, 48, 50, 52, 54, 56
|
7
|
7
|
14
|
|
JUMLAH :
|
28
|
28
|
56
|
PERNYATAAN
KETERAMPILAN SOSIAL
INDIKATOR : Mengajukan pertanyaan
nomor 1 s/d 14
1. Materi pelajaran yang tidak jelas saya langsung tanyakan
pada guru.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e) Sangat Tidak
Setuju
2. Materi pelajaran yang sudah rinci dan jelas saya masih
juga pertanyakan.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e) Sangat Tidak
Setuju
3. Guru mengatakan bahwa pertanyaan saya baik sekali.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e) Sangat Tidak
Setuju
4. Pertanyaan yang saya ajukan ternyata sudah ditanyakan
oleh teman saya.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e) Sangat Tidak
Setuju
5. Saya mengajukan pertanyaan dengan bahasa dan kata-kata
yang jelas sehingga pertanyaan saya dapat dipahami oleh guru/teman.
Jawab :
(a)
Sangat Setuju, (b) Setuju, (c) Ragu-ragu, (d) Tidak Setuju,
(e) Sangat Tidak
Setuju
No comments:
Post a Comment