Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya Secara Lebih Detail

Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya Secara Lebih Detail. Hari ini saya akan memposting tentang mikroskop dan bagian-bagian dari mikroskop lengkap dengan kegunaannya. Baiklah pertama kita harus mengenal dulu apa sih mikroskop itu? Kata Mikroskop itu ternyata berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata micros dan scopein dimana micros berarti kecil dan scopein berarti melihat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa mikroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat secara kasat mata. Mikroskop dengan pembesaran 270 kali yang sudah mampu untuk mengamati benda mikroskopik ini pun ditemukan oleh ilmuwan Belanda bernama Anthony Van Leewenhoek pada tahun 1668-1677. Seiring berkembangnya ilmu teknologi maka saat ini benda mikroskopik (kecil) dapat dilihat dengan cara pembesaran objek hingga 40 kali, 100 kali, 400 kali, bahkan 1000 kali, dan perbesaran ini terus ditingkatkan seiring dengan berkembangannya teknologi.

Adapun bagian-bagian mikroskop terdiri dari Lensa okuler, tabung mikroskop, revolver, lensa obyektif, meja mikroskop, kondensor, diafragma, cermin, pengatur fokus kasar, pengatur fokus halus, pegangan mikroskop, klip/penjepit, sendi inklinasi dan kaki mikroskop. Baiklah saya akan menjelaskan apa saja fungsi dari bagian-bagian mikroskop ini secara lebih detail. Baiklah silahkan di simak ya.


Bagian mikroskop lengkap dengan fungsinya



* Bagian-bagian dari mikroskop dan fungsinya *

·  Lensa okuler, berfungsi untuk memperbesar bayangan dari lensa objektif dimana memiliki perbesaran 6, 10 dan 12 kali. Lensa ini terletak di bagian atas dan sebagai tempat pengamat melihat obyek.

·  Tabung mikroskop, berfungsi untuk menghubungkan lensa obyektif dan lensa okuler pada mikroskop.

·  Revolver, berfungsi untuk menentukan perbesaran lensa obyektif yang ingin digunakan.

·  Lensa obyektif, berfungsi untuk memperbesar bayangan objek, lensa ini berada di dekat objek yang diamati, lensa obyektif dapat diperbesar 10, 40, hingga 100 kali.

·  Meja mikroskop, meja mikroskop berfungsi untuk menempatkan objek yang diamati, dimana objek tersebut diletakkan di dalam kaca preparat.

·  Kondensor, kondensor dapat diputar naik dan turun yang mana berfungsi untuk mengatur posisi agar dapat mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin.

·  Diafragma, berfungsi untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk dan mengenai kaca preparat.

·  Cermin, berfungsi untuk menangkap cahaya yang kemudian akan dipantulkan pada kaca preparat. Cahaya yang dipantulkan sangat mempengaruhi jelas tidaknya objek yang terlihat.

·  Pengatur fokus kasar, berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat untuk mengatur kejelasan dari objek yang diamati.

·  Pengatur fokus halus, berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur kejelasan dari objek yang diamati.

·  Pegangan mikroskop, berfungsi sebagai tempat pengamat memegang mikroskop.

·  Klip/penjepit, berfungsi untuk menjepit kaca preparat agar tidak mudah bergeser dari meja mikroskop.

·  Sendi inklinasi, berfungsi untuk mengatur sudut mikroskop.

·  Kaki mikroskop, berfungsi sebagai penyangga atau penopang mikroskop.

Itulah bagian-bagian dari mikroskop serta fungsinya yang saya coba sajikan. Moga tulisan saya ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tahu tentang bagian mikroskop dan fungsinya. Jika kalian punya masukan untuk postingan saya ini, jangan sungkan untuk berkomentar ya. ^^ akhir kata semangat terus dalam mencari ilmu, semangat belajar kawan. ^^

No comments:

Post a Comment