JENIS PLASTIK DAN MAKNA 7 KODE SEGITIGA DI BAWAH BOTOL PLASTIK

Jenis Plastik dan Makna 7 Kode Segitiga di bawah Botol Plastik - Kalau mendengar tentang plastik orang-orang biasanya berkata bahwa penggunaan botol plastik secara berulang-ulang itu dapat membahayakan bagi kesehatan kita. Ini tidak sepenuhnya benar, karena kita harus tahu bahwa ada jenis plastik yang memang membahayakan namun ada juga jenis plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Apa kalian biasa melihat kode segitiga di bawah botol plastik yang di dalamnya ada angka-angka mulai dari angka 1 sampai 7 ? mungkin ada yang bertanya apa sih artinya kode segitiga yang ada di bawah botol plastik itu? Inilah sebenarnya kode-kode yang menjelaskan bahwa plastik tersebut aman atau tidak untuk digunakan secara berulang-ulang. Untuk mengetahui yang aman digunakan maka lihatlah angka-angka yang tertera di bawah botol plastik. Angka tersebut biasanya berada di dalam segitiga panah yang melingkar. Setiap angka menunjukkan tentang bahan polimer (plastik) yang digunakan untuk membuat botol tersebut. Sedangkan segitiga panah melingkar itu menunjukkan tanda daur ulang, yang artinya plastik tersebut dapat di daur ulang. 

Jenis Plastik dan makna 7 kode segitiga di bawah botol plastik

Baiklah inilah penjelasan singkat mengenai kode segitiga di bawah botol plastik dengan angka 1 sampai 7 serta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari :

Polyethylene terephthalate (PET atau PETE), biasanya digunakan untuk mengemas air minum, minuman ringan berkarbonasi, jus buah dan minyak goreng. Jenis plastik ini tergolong sebagai plastik yang aman untuk digunakan.
High density polyethylene (HDPE), biasanya jenis plastic ini digunakan untuk mengemas susu, jus, yogurt, dan botol gallon air minum. Jenis plastik ini tergolong sebagai plastik yang aman untuk digunakan.
Polyvinyl chloride (PVC atau disebut juga vinil), biasanya jenis plastik ini sering dibuat cling wrap. Sering juga dipakai untuk wadah kue kering atau cokelat. Jenis plastik ini tergolong tidak aman untuk digunakan untuk bahan pangan, karena mengandung bahan berbahaya yang dapat berpindah ke makanan.
Low density polyethylene (LDPE), plastic jenis LDPE biasanya digunakan sebagai plastik kemasan rapat (cling wrap), pengemas roti, makanan beku dan botol plastic yang dapat ditekan. Jenis plastik ini tergolong jenis plastik yang aman untuk digunakan.
Polypropilene (PP), jenis plastik ini biasa digunakan untuk mengemas sup, saus tomat, dan margarin. Jenis plastic ini tergolong aman untuk digunakan.
Polystyrene (PS), jenis plastic ini dikenal dalam bentuk kemasan stirofoam seperti yang digunakan untuk mengemas buah-buahan dan sayuran di toko-toko swalayan. Jenis plastik ini tergolong berbahaya untuk digunakan.
Other atau jenis plastic lainnya terutama Polycarbonate, Plastik ini mengandung bisphenol-A yang berbahaya dan dapat bermigrasi. Plastik jenis ini tahan terhadap suhu tinggi. Ada yang menggunakan jenis plastik ini untuk botol susu bayi dan alat-alat makan (sendok, garpu dan pisau) plastik. Plastik ini digolongkan juga sebagai plastik yang tidak aman untuk digunakan.

Di dalam keterangan gambar dinyatakan bahwa ada jenis plastik yang berbahaya dan tidak berbahaya untuk digunakan. Diantara jenis plastik yang ada, jenis plastik yang relatif lebih aman dan telah mengalami berbagai uji dan evaluasi badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) adalah jenis plastik PET/PETE (angka 1). Sedangkan jenis plastik yang tidak aman itu dikarenakan ada zat atau bahan berbahaya yang dapat berpindah jika plastik tersebut digunakan untuk bahan pangan. Jadi dari penjelasan tersebut kalian tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang arti dari kode segitiga yang terdapat di bawah botol plastik dan jenis plastik mana yang aman dan tidak aman untuk digunakan. Baiklah sampai di sini saya berbagi ilmu, moga bermanfaat ya. :)

No comments:

Post a Comment