Materi Lengkap Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae) - Secara garis besar tumbuhan berbiji memiliki  ciri-ciri umum yang sama yaitu perkembangbiakan yang khas yaitu biji yang dihasilkan oleh bunga. Selain itu terdapat pula tabung serbuk sari pada tumbuhan berbiji yang berguna sebagai tempat menujunya sel sperma (sel kelamin jantan) ke sel telur (sel kelamin betina). Tumbuhan berbiji juga ditandai dengan adanya pigmen hijau daun atau yang biasa disebut klorofil yang berperan penting dalam proses fotosintesis. Tumbuhan biji merupakan satu divisi, yang dibedakan menjadi dua subdivisi yaitu Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih spesifik tentang ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan ciri tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). Berikut ciri-cirinya :

A. Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)
  1. Tumbuhannya berupa semak atau pohon yang batangnya keras dan berkayu
  2. Kebanyakan tumbuhan berakar tunggang
  3. Batangnya bercabang-cabang
  4. Daunnya kaku dan sempit (jarang memiliki daun yang lebar dan pipih)
  5. Bakal biji terdapat pada badan (Seperti makrosporofil pada pakis haji)
  6. Serbuk sari terdapat pada badan tumbuhan.
  7. Bunga yang sesungguhnya belum ada.
  8. Lintang daun berbentuk jarum membentuk setengah lingkaran.
  9. Bereproduksi dengan biji

Adapun contoh-contoh tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) adalah Pinus, Agathis, Araucaria, Thuja dan Cupressus. Tumbuhan yang termasuk dalam tumbuhan berbiji terbuka biasa dimanfaatkan untuk kepentingan industri kertas dan korek api adapula yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias.


B. Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)
  1. Memiliki bunga yang sesungguhnya
  2. Daunnya pipih, lebar, dengan susunan tulang yang beraneka ragam
  3. Bakal biji atau biji tidak tampak karena terbungkus dalam suatu badan yang berasal dari daun buah yaitu putik
  4. Selisih waktu yang relati pendek antara penyerbukan dan pembuahan
  5. Mengalami pembuahan ganda
  6. Reproduksi secara generatif dengan biji dan secara vegetatif alami maupun buatan.


Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) meliputi tumbuhan kecil yang merayap di tanah, semak dan perdu hingga pohon-pohon besar yang menjulang di atas tanah. Tumbuh-tumbuhan yang tergolong dalam tumbuhan berbiji tertutup banyak dimanfaatkan sebagai sumber bahan yang diperlukan manusia, ada pula yang dimanfaatkan sebagai tanaman budi daya. Golongan tumbuhan berbiji tertutup ini dibagi menjadi 2 kelas yaitu Tumbuhan dikotil (Dicotyledonae atau Dicotylae) dan Tumbuhan monokotil (Monocotyledoneae atau Monocotylae). Adapun lebih detailnya, tumbuhan dikotil dan monokotil ini akan dibahas lebih jelas pada postingan Perbedaan Tumbuhan Dikotil ( Dicotyledonae) dan Tumbuhan Monokotil (Monocotyledoneae) Berdasarkan Ciri - Cirinya.

Itulah penjelasan dan materi tentang Ciri - Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae), moga dapat membantu dalam proses belajar kalian. Jika ada masukan maupun saran, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Moga bermanfaat. :) Wassalam

No comments:

Post a Comment