Wujud Zat dan Perubahan Wujud Zat (Fisika)

Hai pengunjung Blog-Q tersayang,, kali ini saya ingin membahas tentang Wujud Zat dalam mata pelajaran fisika. Ini khusus untuk adik2ku yang masih duduk di bangku SMP,, mari simak ya, moga bermanfaat ^_^
 Zat adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Ada 3 macam zat dalam fisika yaitu Zat Padat, Zat Cair dan Zat Gas. Zat padat contohnya kayu , zat cair contohnya air dan zat gas contohnya udara. Ada 2 perubahan zat yaitu :

1. Perubahan fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak mengakibatkan terbentuknya zat baru atau perubahan yang terjadi pada wujud zat. Contohnya : Es yang dipanaskan berubah wujud menjadi air, di sini perubahan wujudnya dari padat menjadi cair.

2. Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan yang dapat menimbulkan terbentuknya zat baru. Contohnya : kertas yang di bakar menjadi karbon.

Penjelasan lebih lanjut tentang perubahan-perubahan zat dapat di perhatikan pada bagan berikut



Jika kita melihat bagan tersebut maka dapat dijelaskan satu per satu tentang perubahan zat.

* Mencair berarti perubahan wujud zat dari zat padat menjadi zat cair. Contohnya : es yang dipanaskan menjadi air, cokelat batang yang dipanaskan menjadi cair, dsb.

* Membeku berarti perubahan wujud zat dari zat cair menjadi zat padat. Contohnya air yang didinginkan didalam frezer kulkas berubah menjadi blok2 es.

* Menguap berarti perubahan wujud zat dari zat cair menjadi zat gas. Contohnya parfume yang digunakan seseorang yang dapat dicium aromanya oleh orang lain akibat menguapnya molekul2 yang terkandung dalam parfum.

* Mengembun berarti perubahan wujud zat dari zat gas menjadi zat cair. Contohnya pengembunan yang terjadi pada pagi hari, dan pengembunan pada bagian dalam kaca mobil pada saat hujan yang mengakibatkan kaca mobil menjadi buram.

* Menyublim berarti perubahan wujud zat dari zat padat menjadi zat gas. Contohnya kapur barus yang di simpan di tempat yang terbuka lama kelamaan akan habis akibat menguap di udara.

* Dekomposisi (menghablur) berarti perubahan wujud zat dari zat gas menjadi zat padat. Contohnya gas belerang yang berubah menjadi kristal-kristal belerang.

No comments:

Post a Comment